Sabtu, 17 November 2012

Fungsi Keluarga

Kita diciptakan di dunia ini dengan berbagai jenis anggota keluarga, pastinya setiap keluarga ,e,iliki cara yang berbeda dalam memperlakukan anggota keluarganya masing-masing begitu pula peran dan fungsinya.

Disini saya akan membahas tentang Fungsi Keluarga. Keluarga merupakan unit sosial terkecil, keluarga adalah suatu kelompik manusia yang tinggal bersama dalam satu atap rumah, dan saling memberikan kasih sayang dalam satu ikatan darah, didalam keluarga itu sendiri terdiri ayah, ibu dan anak yang dapat menjalankan peranan masing-masing sehingga dapat menimbulkan kerukunan, kenyamanan serta keharmonisan dalam rumah tangga.

Secara keseluruhan fungsi keluarga adalah tempat untuk berbagi suka dan duka karena hanya keluarga yang akan tetap ada bersama kita ketika kita merasa senang ataupun sedih, ketika kita tertawa ataupun bahkan menangis.

Ayah adalah seorang laki-laki yang berperan memimpin suatu keluarga dan juga sebagai tulang punggung keluarga, dia pun memimpin istri dan anak-anaknya ke jalan yang baik. Sedangkan Ibu, Ibu adalah seorang yang mengurus rumah tangga, ibu mengepalai tugas rumah tangga selagi ayah tidak dirumah. Keluarga memiliki fungsi majemuk dalam terciptanya kehidupan sosial dalam masyarakat.

Kita bukan apa-apa tanpa keluarga tempat pertama kita bersosialisasi adalah keluarga, keluarga yang membentuk pribadi kita sampai saat ini mulai dari bagaimana kitra bersikap, bertindak dan berpola pikir, yang mengajari itu semua adalah keluarga. Keluarga yang memberikan perhatian dan kasih sayang lebih ketika kita sedang merasa senang ataupun sedih.





Fungsi Keluarga
Pada umumnya keluarga memiliki fungsi sebagai berikut:
1. Fungsi Reproduksi
2. Fungsi Afeksi atau Kasih Sayang
3. Fungsi Ekonomi
4. Fungsi Proteksi
5. Fungsi sosialisasi
6. Fungsi Rekreatif
7. Fungsi Pendidikan



Secara pribadi keluarga bagi saya adalah mereka yang sangat berharga dari apapun, mereka yang selalu ada disisi kita saat kita senang ataupun sedih, mereka yang selalu mengerti dan menerima keadaan kita, mereka yang selalu mendukung apapun yang terbaik buat kita, mereka yang selalu memberi perhatian ekstra terhadap kita, mereka yang selalu membuat kita tersenyum ketika dunia membuat kita menangis.


Referensi:

Tidak ada komentar :