Rabu, 05 Desember 2012

Hubungan Antara Individu dan Masyarakat

Manusia ialah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, manusia membutuhkan orang lain untuk membantu ia dalam kehidupan kesehariannya untuk saling membantu dan berinteraksi dan bahkan saling mengadakan hubungan sosial di dalam kehidupan bermasyarakatnya. manusia selaku makhluk individu memiliki tiga naluri, yakni: Naluri untuk mempertahankan kelangsungan hidup, Naluri untuk mempertahankan kelanjutan penghidupan keturunan, dan Naluri ingin tahu dan mencari kepuasan. Sejak bayi manusia membutuhkan individu lain untuk menyesuaikan diri.

Disini saya akan membahas tentang hubungan antara Individu dan Masyarakat. Individu berasal dari bahasa latin yaitu (Individuum) yang memiliki arti (yang tak terbagi) yang berarti individu merupakan sebutan yang bisa dipakai untuk menyatakan suatu kesatuan yang paling kecil dan terbatas dan dalam ilm sosial individu menekankan penyelidikan kepada kenyataan-kenyataan hidup istimewa yang tak seberapa mempengaruhi kehidupan manusia.

Masyarakat yang merupakan bentuk dari sekelompok orang dan keluarga. Masyarakat dalam bahasa inggris disebut dengan Society yang artinya sekelompok manusia yang hidup bersama, berinteraksi, berhubungan, dan tidak jarang saling bergantung.

Masyarakat ialah sekumpulan manusia yang memiliki sifat ataupun karakter berbeda yang di persatukan sehingga tumbuh suatu rasa saling menghargai, menghormati dan menjaga satu sama lain. Bergabungnya banyak budaya yang terjadi saat berinteraksi menggambarkan sikap individu berinteraksi dengan sesamanya, disaat berinteraksi dengan sesama individu akan terlihat sikap bagaimana dia sebagai makhluk individu atau makhluk sosial, masyarakat adalah tempat kita melihat dengan jelas proyeksi individu sebagai bagian keluarga, keluarga sebagai tempat terprosesnya dan masyarakat adalah tempat kita melihat proyeksi tersebut.

Kita sebagai individu perlu berinteraksi atau bersosialisasi didalam kemasyarakatan, karena kita diciptakan untuk hidup saling membutuhkan dan tolong menolong antarsesama.


Referensi:
(http://trianatanti.blogspot.com/2011/09/hubungan-antara-individu-keluarga-dan.html)
(hasil pemikiran sendiri)

1 komentar :

Anonim mengatakan...

Hei kawan, karena kita ini mahasiswa gundar, tolong ya blognya di kasih link UG, seperti
www.gunadarma.ac.id, Studentsite studentsite.gunadarma.ac.id dan lain lain
karna link link tersebut mempengaruhi kriteria penilaian mata kuliah soft skill

Selain itu, Yuk kita ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi
Desember2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang
untuk setiap kategori. link
http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755

oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan baak , maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian.. untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS , silahkan kunjungi link ini
http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

makasi :)