Minggu, 13 Januari 2013

Fungsi Agama dalam Masyarakat

        Menurut saya Agama ialah sebuah prinsip yang harus di miliki oleh setiap manusia untuk mempercayai adanya tuhan dalam kehidupan mereka. Agama juga merupakan suatu pedoman atau pegangan setiap manusia untuk membawa kita kejalan yang baik.

        Agama dalam arti sempit merupakan seperangkat kepercayaan, peraturan etika, amal ibadah, penyembahan terhadap tuhan atau dewa-dewa. Sedangkan Agama dalam arti luas adalah suatu kepercayaan atau seperangkat nilai yang menimbulkan ketaatan pada seseorang atau kelompok tertentu kepada sesuatu yang mereka percayai.

        Secara garis besar ruang lingkup agama mencakup:

A. Hubungan manusia dengan tuhannya
        Maksudnya ialah Ibadah, Ibadah merupakan tindakan yang dilakukan untuk mendekatkan diri kita kepada tuhan/allah.
B. Hubungan manusia dengan manusia
        Disini Agama memiliki konsep-konsep dasar mengenai kekeluargaan dan kemasyarakatan. Dalam hal ini agama memberikan ajaran-ajaran tentang bagaimana bersosialisasi. Contohnya: agama mengajarkan kita sesama manusia untuk saling menolong.
C. Hubungan manusia dengan makhluk lainnya

Fungsi Agama:

  • Sebagai Fungsi Edukatif, maksudnya adalah agama memberikan ajaran atau bimbingan kepada setiap manusia, disini agama dianggap sanggup memberikan pengajaran agama menyampaikan ajarannya melalui para petugas-petugas dalam acara perayaan keagamaan ataupun khotbah dan sebagainya.
  • Sebagai Fungsi Penyelamat, agama memberikan pedoman kepada kita untuk melakukan hal-hal terpuji agar kita dihidarkan dari hal buruk dan selamat dunia akhirat.
  • Fungsi Pengawasan Sosial (social control), maksudnya ialah sebagai kontrol diri kita dalam fungsi ini norma-norma yang diterapkan diharapkan mampu mengontrol manusia agar menjauhi hal-hal buruk.
  • Fungsi Kreatif.
  • Fungsi Memupuk Persaudaraan.
  • Fungsi Transformatif, dengan adanya agama diharapkan dapat mengubah kehidupan baru atau mengganti nilai-nilai lama dengan menanamkan nilai-nilai bareu yang lebih bermanfaat. 
        Kesimpulannya, agama adalah pedoman kita dalam menjalani hidup ini sebagai manusia yang beragama sudah seharusnya mentaati aturan-aturan atau norma-norma yang sudah ditetapkan dalam agama tersebut.

Tidak ada komentar :