Sabtu, 06 Juli 2013

Manusia dan Cinta Kasih




A. Cinta Kasih

Berbicara tentang cinta semua pasti merasakan dan mempunyai perasaan ini, setiap orang bebas untuk mencintai namun tidak semua orang dapat mendefinisikan secara jelas apa yang dimaksud dengan cinta itu sendiri. Setiap orang bebas mengemukakan arti dari cinta. Terkadang ada hal yang tidak bisa diucapkan secara lisan namun hanya bisa dirasakan oleh hati yaitu cinta.

Menurut W.J.S Poewadarminta cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau rasa sayang kepada ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Disamping cinta ada suatu istilah yang dinamakan kasih yaitu perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Cinta dan kasih adalah dua hal yang berdampingan karena kasih akan muncul jika adanya cinta. Didalam cinta terdapat tiga unsur utama yang menjadai pondasi kekukuhan sebuah cinta, yakni: Ketertarikan, Keintiman, dan Kemesraan. Yang dimaksud Ketertarikan disini ialah adanya perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas untuk dia, tidak mau pergi bersama yang lain. Unsur yang kedua ialah Keintiman, yaitu adanya kebiasaan-kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukkan bahwa antara anda dengan dia sudah tidak ada jarak lagi. Unsur yang ketiga yaitu Kemesraan yaitu adanya rasa ingin membelai dan dibelai, rasa rindu apabila jauh atau lama tidak bertemu, adanya ucapan-ucapan yang mengungkapkan rasa sayang dan seterusnya.


B. Cinta Menurut Ajaran Agama

Definisi Cinta

Untuk mendefinisikan cinta sangatlah sulit, karena tidak bisa dijangkau dengan kalimat dan tidak bisa di raba dengan kata-kata. Ibnul Qayyim mengatakan. "Cinta tidak bisa di definisikan dengan jelas, bahkan bila didefinisikan pun tidak menghasilkan "sesuatu" melainkan menambah kabur dan tidak jelas, (berarti) definisinya adalah adanya cinta itu sendiri." (Madarijus Salikin, 3/9).

Ada yang berpendapat bahwa etikaa cinta dapat dipahami dengan mudah tanpa mengaitkannya dengan agama. Tetapi dalamkenyataan hidup manusia masih mendambakan tegaknya cinta dalam kehidupan ini. Disatu pihak cinta didengungkan lewat lagu dan organisasi perdamaian dunia, tetapi dipihak lain dalam praktek kehidupan cinta sebagai dasar jauh dari kenyataan, atas dasar ini agama memberikan ajaran cinta kepada manusia.

Didalam koridor islam tingkatan Cinta itu terdiri atas : 

Pertama, adalah cinta yang harus diutamakan yakni cinta kepada Allah dan Rasul-rasul Allah yang telah di syariatkan untuk ditinggikan diatas segalanya.
Kedua, cinta yang sewajarnya yang merupakan fitrah cinta manusia kepada makhluk, baik kepada manusia (anak, pasangan hidup, orang tua) maupun kepada popularitas, jabatan, dan harta benda.
Ketiga, cinta hina atau cinta nafsu yaitu mamakala ada kecintaan kepada dunia dan isinya yang sampai-sampai melalaikan, menghalangi dan melebihkan cintanya kepada Allah dan Rasul-Nya.

C. Macam-macam Cinta

  • Cinta diri sendiri
  • Cinta sesama manusia/persaudaraan
  • Cinta erotis
  • Cinta keibuan
  • Cinta kepada Allah
  • Cinta terhadap Rasulullah.

Referensi :  http://dofadroid.blogspot.com/2012/04/ibd-manusia-dan-cinta-kasih.html
                  http://khairulumam-mams.blogspot.com/2012/06/manusia-dan-cinta-kasih.html

Tidak ada komentar :