Sabtu, 22 Maret 2014

Organisasi

          Dalam kamus besar Indonesia (KBI) pengertian organisasi adalah kesatuan (susunan) yang terdiri atas bagian-bagian orang dalam perkumpulan untuk mencapai tujuan bersama.
Menurut J.William Schuzle memberikan pendapat, "organisasi adalah suatu penggabungan dari orang-orang, benda-benda, alat-alat perlengkapan, ruang lingkup kerja dan segala hal yang berhubungan dengannya, yang disatukan dalam suatu hubungan yang teratur dan sangat efektif untuk mencapai segala tujuan yang diinginkan."
          Organisasi terbagi menjadi 2 macam, yakni:
1. Organisasi Formal
Organisasi Formal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang meningkatkan diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar, serta dengan hubungan kerjasama rasional.
Contoh : Perseroan terbatas, sekolah, negara, dan lain-lainnya.

2. Organisasi Informal
Organisasi Informal adalah kumpulan kelompok yang erlibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari.
Contoh : Arisan ibu-ibu komplek, belajar bersama anak-anak SD, SMP, SMA, dan lain-lainnya.

Ciri - ciri Organisasi:
1. Sebagai wadah atau tempat untuk bekerja sama.
Menampung atau mewadahi keinginan kerja sama beberapa orang untuk mencapai tujuan tertentu.

2. Proses kerjasama sedikitnya antar dua orang.
Jika kerjasama dilakukan dengan sebanyak-banyaknya orang, maka organisasi disusun harus lebih sempurna dengan kata lain proses kerjasama dilakukan dalam suatu organisasi. mempunyai kemungkinan untuk dilaksanakan dengan lebih baik hal ini berarti tanpa suatu organisasi maka proses itu hanya bersifat sementara.

3. Jelas tugas kedudukannya masing-masing
Tanpa adanya kedudukan tugas masing-masing mereka akan bingung tentang tugas yang akan mereka lakukan dan bagaimana hubungan antara yang satu dengan yang lain.

4. Ada tujuan tertentu
Suatu perencanaan yang kurang baik tetapi organisasinya baik akan cenderung lebih baik hasilnya daripada perencanaan yang baik tetapi organisasinya tidak baik.

Unsur-unsur Organisasi
1. Man (Orang-orang)
2. Kerjasama
3. Tujuan Bersama
4. Peralatan (Equipment)
5. Lingkungan (Environment)

Tidak ada komentar :