Jumat, 26 Desember 2014

KOPI

Dalam mengawali hari dalam bekerja biasanya beberapa orang merasa kurang apabila tidak meminum kopi. Saya merupakan salah satu orang dari sekian banyak penggemar kopi di dunia ini. Kopi termasuk minuman yang digemari oleh pria dan wanita, remaja, dewasa, ataupun lansia sekalipun menyukai kopi. Kopi merupakan minuman yang konon bisa mengurangi rasa ngantuk ini sangat umum di masyarakat Indonesia. Saya sendiri sering meminum teh kala saya bergadang atau mengerjakan tugas hingga larut malam. Saat ini gerai-gerai kopi sudah menjamur di berbagai sudut kota.

Didalam kopi terkandung kafein, yangmerupakan senyawa kimia alkaloid yang dikenal sebagai Trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N4O2. Jumlah kandungan kafein dalam kopi 1-1,5%, sedangkan pada teh 1-4,8%.

Dalam dunia kedokteran, kafein sering digunakan sebagai perangsang kerja jantung dan meningkatkan produksi urin. Dalam dosis yang rendah kafein dapat berfungsi sebagai bahan pembangkit stamina dan penghilang rasa sakit.




Manfaat Kopi:

1. Kopi dapat mencegah timbulnya penyakit jantung atau stroke

         Kandungan yang terdapat dalam kopi dapat menghindarkan diri kita dari serangan jantung atau bahkan penyakit stroke. Hal itu diperkuat dari adanya sejumlah penelitian.

2, Kopi bermanfaat mencegah Kanker dan Diabetes

         Studi penelitian lain telah menemukan bahwa kopi dapat mengurangi tingkat bgula darah pada pasien penderita diabetes, karena kandungan yang terkandung dalam kopi dapat meningkatlan laju metabolisme tubuh, selain itu kopi juga dapat mengurangi risiko penyakit serius seperti batu empedu, batu parkinson, penyakit jantung, sirosis hati dan sebagainya.

3. Kopi bermanfaat mencegah Kanker Mulut dan Melindungi Gigi

4. Kopi dapat mengurangi rasa Sakit Kepala

5. Kopi mengatasi Suasana Hati dan Depresi

         Minum kopi secara teratur dan sesuai dengan porsinya dapat memaksimalkan kerja otak menjadi lebih baik. Kandungan antioksidan didalam kopi dapat menangkal kerusakan pada sel otak dan membantu jaringan saraf untuk bekerja lebih baik.

Namun jangan sampai anda meminum kopi secara berlebihan karena akan menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh kita.