Senin, 25 November 2013

Celtic Football Club

             Celtic Football Club, klub yang berbasis di negara Skotlandia  lebih tepatnya di sebelah timur kota Glasgow. Yang menjadikan klub ini juga sering dipanggil Glasgow Celtic. Klub ini bermarkas di stadion yang bernama Celtic Park. Home base Mereka merupakan home base dengan jumlah penonton terbanyak kedua di Britania Raya yaitu 58.150 penonton dibawah 1 tingkat dari tetangga mereka di Inggris yaitu Manchester United. Klub ini terkenal dengan sebutan "The Hoops" namun sebutan ini tidak resmi, sebutan yang resmi dari klub ini adalah "The Bhoys".
             Sejak klub ini berdiri hingga sekarang, yang menjadi rival utama mereka adala Glasgow Rangers. Duel kedua klub tersebut terkenal sejak dulu dengan nama "Old Firm" yang selalu keras ditiap pertemuan Mereka. Dalam sejarah klub ini adalah klub yang diidentifikasikan sebagai komunitas katolik Glasgow.
             Dalam hal prestasi, klub ini pernah memecahkan rekor eropa yakni menjadi klub pertama yang meraih gelar treble winners (Juara 3 turnamen dalam 1 musim). Pada saat itu mereka berhasil merengkuh Gelar Liga Skotlandia, Piala Skotlandia dan Piala Champions. Pemain yang paling banyak tampil bagi Klub adalah Billy McNeill (790), Paul McStay (678), dan Roy Aitken (669).

Tidak ada komentar :